Jumat, 28 Oktober 2016

Tugas 3 – Individu, Keluarga, dan Masyarakat

Individu dan Pertumbuhan
Individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas di dalam lingkungan sosialnya, melainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya. Pertumbuhan adalah perubahan kuantitatif pada materil sebagai akibat dari pengaruh lingkungan. Pertumbuhan dipengaruhi oleh faktor biologis, geografis, dan kebudayaan.
Keluarga
Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang tinggal di suatu tempat dalam keadaan saling bergantung. Fungsi keluarga adalah pekerjaan-pekerjaan yang harus dilaksanakan di dalam atau oleh keluarga tersebut. Beberapa fungsi keluarga diantaranya Fungsi Pendidikan, orang tua berfungsi untuk mendidik anak-anak dengan menyekolahkan mereka hingga jenjang yang lebih tinggi. Fungsi lain keluarga adalah Religius, keluarga mengenalkan agama dan keyakinan pada anak-anak sejak masih kecil. Keluarga juga memiliki Fungsi Ekonomi, ayah sebagai kepala keluarga wajib bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga.
Masyarakat
Masyarakat adalah sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur. Masyarakat dibagi menjadi 2 golongan yaitu Masyarakat Industri dan Non Industri. Masyarakat Non Industri digolongkan menjadi 2 golongan yaitu kelompok primer yang interaksi antar anggotanya terjalin lebih intensif, erat, dan akrab, dan kelompok sekunder yang antar anggota terpaut saling hubungan tak langsung, formal, dan kurang bersifat kekeluargaan. Masyarakat Industri memiliki solidaritas yang didasarkan pada hubungan saling ketergantungan antar kelompok masyarakat. Perbedaan dari kedua masyarakat tersebut terletak pada mata pencaharian dan keberadaan individunya. Masyarakat Non Industri juga masih memiliki keeratan hubungan antar anggotanya dibandingkan dengan Masyarakat Industri.
Individu, Keluarga, dan Masyarakat
Individu merupakan unit terkecil pembentuk masyarakat. Keluarga merupakan wahana di mana seorang individu mengalami proses sosialisasi pada pertama kali. Masyarakat merupakan kelompok manusia yang saling berinteraksi untuk tujuan bersama. Keluarga sebagai lingkungan pertama seorang individu memiliki peran dalam pembentukan sikap suatu individu, sedangkan masyarakat merupakan media sosialisasi seorang individu dalam berekspresi.


referensi : 
https://firdaazzahra712.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar